Home Berita

KOMANDAN SECAPAAD

Vinaora Nivo Slider


Berita
SECAPAAD PERINGATI HARI JUANG KARTIKA KE 72 TAHUN 2017 PDF 
Ditulis oleh penhumas   
Jumat, 15 Desember 2017 15:13

SECAPAAD PERINGATI HARI JUANG KARTIKA KE 72 TAHUN 2017

Secapaad melaksanakan Upacara Hari Juang Kartika ke 72 Tahun 2017 yang bertempat di lapangan Wiradhika Secapaad jalan Hegarmanah No 152, Kota Bandung, Jumat (15/12/2017). Bertindak sebagai Inspektur Upacara Wakil Komandan Secapaad Kolonel Inf Heri Sapari.

Dalam amanat yang dibacakan Inspektur Upacara Kolonel Inf Heri Sapari, Kepala staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono menyampaikan  penghormatan dan penghargaan yang tinggi kepada para sesepuh dan senior, baik yang dapat hadir di sini maupun tidak, yang telah memberikan dharma baktinya demi kejayaan TNI, Bangsa dan Negara hingga saat ini, atas nama pribadi dan Kepala Staf Angkatan Darat, beliau juga menyampaikan “Selamat Hari Juang Kartika danDirgahayu TNI Angkatan Darat”, kepada segenap Prajurit dan Aparatur Sipil Negara TNI Angkatan Darat beserta keluarga dimanapun berada dan bertugas.

Kasad mengajak seluruh prajurit, ASN dan Keluarga Besar TNI AD untuk menundukkan kepala sejenak, mengenang jasa para pahlawan dan pendahulu yang telah melahirkan serta membesarkan TNI Angkatan Darat, seraya berdoa semoga amal bakti dan perjuangannya diterima dan dicatat sebagai amal ibadah oleh Tuhan Yang Maha Esa. Kasad Juga menyampaikan “Hari ini, tepat 72 tahun yang lalu, para pendahulu kita telah menorehkan catatan yang sangat penting dalam sejarah perjuangan Bangsa Indonesia, yaitu peristiwa yang dikenal sebagai Palagan Ambarawa. Meski dengan senjata dan perlengkapan yang sangat sederhana, kesatuan-kesatuan Tentara Keamanan Rakyat (TKR), yang merupakan cikal bakal TNI, bersama rakyat berhasil memenangkan pertempuran secara gemilang  dengan memukul mundur tentara Sekutu yang memiliki persenjataan dan kemampuan taktik serta strategi perang yang jauh lebih modern di masa itu”. Kondisi tersebut yang menjadi dasar dan pertimbangan tema Hari Juang Kartika Tahun 2017, yaitu “Manunggal dengan Rakyat TNI Angkatan Darat Kuat”.

Peringatan Hari Juang Kartika tahun 2017 ini dilaksanakan terpusat di Pekanbaru dan tersebar secara sederhana, tetapi tidak menghilangkan makna kebersamaan TNI AD dengan rakyat dengan diselenggarakannya lomba lari 10K, Bhakti Sosial dan Karya Bhakti secara serentak di seluruh Kodam. Hal ini juga merupakan wujud komitmen TNI AD untuk turut berperan aktif membantu pemerintah, terlebih dalam menghadapi dinamisnya perkembangan dunia yang berdampak positif dan negatif. Indonesia harus memiliki daya saing berupa keunggulan komparatif dan kompetitif. Peran TNI AD tidak terlepas dari program Nawacita pemerintah dan visi Panglima TNI “mewujudkan TNI yang profesional dan modern serta memiliki kemampuan proyeksi regional serta komitmen global”. Komitmen yang kuat antara TNI, pemerintah, rakyat dan komponen bangsa lainnya maka cita-cita menjadikan Indonesia sebagai Macan Asia bahkan Dunia bukanlah mimpi belaka.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Kasad karena seluruh p[ersonel TNI AD memegang teguh komitmen dan menjaga netralitas TNI selama Pilkada serentak tahun 2017. “Amanat Panglima Besar Jenderal Sudirman bahwa “TNI jangan sampai dikuasai oleh partai politik manapun juga”, sehingga untuk menjalankan amanat tersebut maka TNI AD harus netral dan tidak boleh terlibat, dilibatkan atau melibatkan diri dalam politik praktis”, tegasnya. Kepercayaan tertinggi public terhadap TNI patut disyukuri namun tidak boleh jumawa. Berbagai kerja sama yang telah dilaksanakan TNI AD dengan Kementerian dan lembaga Pemerintah terbukti efektif mendorong keberhasilan program pemerintah sehingga akan terus ditindaklanjuti. Peran aktif tersebut tentunya tanpa mengesampingkan ancaman yang nyata seperti bahaya narkoba, pornografi dan seks bebas. Semua mesti mawas diri dan perlu langkah konkrit, sehingga TNI AD bersama stake holder terkait lainnya terus melaksanakan penguatan karakter Bangsa Indonesia, khususnya bagi generasi Milenial atau Generasi X. semua komponen perlu menggali nilai-nilai luhur budaya bangsa yang dapat menjadi Kekebalan atau Imunitas Bangsa yang tidak mudah dirongrong persatuan dan kesatuannya. (Penhumassecapaad).

 

 
PENATARAN GUMIL DAN PELATIH SECAPAAD TA 2017 PDF 
Ditulis oleh penhumas   
Jumat, 15 Desember 2017 13:30

PENATARAN GUMIL DAN PELATIH

SECAPAAD TA 2017


Secapaad menyelenggarakan penataran Gumil dan Pelatih sebagai salah satu wujud kesiapan dalam rangka menghadapi Operasional Pendidikan TA 2018. Secara resmi Komandan Secapaad membuka Penataran Gumil dan Pelatih pada tanggal 4 Desember 2017. Kegiatan tersebut diselenggarakan mulai tanggal 4 s.d. 18 Desember 2017. Adapun tujuan dilaksanakannya Penataran Gumil dan Pelatih adalah untuk memelihara dan meningkatakan kemampuan Gumil dan Pelatih dalam mendukung keberhasilan penyelenggaraan Operasional Pendidikan TA 2018. Sedangkan beberapa sasaran yang ingin dicapai antara lain meningkatnya pemahaman dan kemampuan Gumil dan Pelatih dalam mempraktekkan CMI, pembuatan PI serta Evaluasi Pendidikan, meningkatnya motivasi kerja dan pemahaman tentang persiapan 10 langkah mengajar, meningkatnya pemahaman teknik membuat slide, metode mengajar serta melaksanakan E-Learning/IT serta meningkatnya pemahaman psikologi pendidikan dan pelaksanaan manajemen latihan.

Dalam sambutannya, Komandan Secapaad menyampaikan bahwa Gumil dan Pelatih harus tanggap dalam menyikapi dinamika perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya di dunia militer agar dapat mencetak perwira yang berkualitas di bidang kemampuan kemiliteran maupun akademis. Sudah semestinya para Gumil dan Pelatih memanfaatkan kegiatan penataran tersebut sebagai sarana meningkatkan profesionalisme sesuai tugas dan jabatannya. Rasa ingin tahu dan kemauan menggali secara lebih dalam materi pengetahuan yang nantinya akan diajarkan kepada para Perwira Siswa harus dapat dimanfaatkan secara baik pada momen tersebut, karena selain penatar dan instruktur intern, diundang juga penatar dan instruktur dari lembaga/institusi lain yang kompeten.

Diharapkan dengan terselenggaranya kegiatan ini kompetensi Gumil dan Pelatih dapat ditingkatkan sehingga para perwira lulusan Secapaad merupakan perwira pilihan yang andal dan siap ditugaskan dalam kondisi dan macam penugasan yang variatif.  (Penhumassecapaad).

 
PASIS DIKTUKPA GELOMBANG II DAN DIKTUKPASUS SELESAI MELAKSANAKAN OJT DAN KKL PDF 
Ditulis oleh penhumas   
Rabu, 08 November 2017 06:03

PASIS DIKTUKPA GELOMBANG II DAN DIKTUKPASUS

SELESAI MELAKSANAKAN OJT DAN KKL

Pasis Diktukpa gelombang II dan Diktukpasus selesai melaksanakan On The Job Traning (OJT) dan Kunjungan Kerja Lapangan (KKL) di wilayah Bandung meliputi Yonif 300 Raider, Yonif 301/PKS, Yonif 312/KH, Yonif 321/Kostrad, Yonkav IV/ KC, Yon Armed 9/Kostrad, Yon Arhanudse 14/PWC dan Yon Zipur 9/I/Kostrad serta Kodim 0605 Subang dan Kodim 0609 Bandung. Pelaksanaan OJT dan KKL dilaksenakan dari mulai tanggal 2 - 6 November 2017. (Senin, 6/11/2017).

Komandan Secapaad Brigjen TNI Eka Wiharsa dalam amanat upacara penutupan OJT dan KKL menyampaikan bahwa berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan OJT dan KKL Pasis Diktukpa dan Diktukpasus, maka berakhirlah seluruh jam mata pelajaran baik secara teori maupun praktek yang diberikan kepada para Pasis sesuai dengan kurikulum pendidikan di Secapaad. Para Pasis diharapkan dapat memberikan masukan kepada lembaga Secapaad secara terbuka dan objektif terhadap pelaksanaan proses belajar mengajar yang diselenggarakan oleh Secapaad, agar pelaksanaan program pendidikan kedepan semakin berkualitas.

Lebih lanjut Komandan mengucapkan terima kasih kepada para pelatih dan penyelenggara, para Pembina serta para pendukung atas terselenggaranya OJT dan KKL sehingga dapat selesai dengan aman, tertib dan lancar tanpa ada gangguan maupun hambatan yang berarti. Pelaksanaan evaluasi diharapkan dapat dilaksanakan secara transparan antara pelatih, penyelenggara dan pelaku, agar mendapatkan saran dan masukan yang positif, guna penyempurnaan pada pelaksanaan kegiatan yang akan datang. (penhumassecapaad).

 

 

 
LATGANDA PASIS DIKTUKPA GELOMBANG II TNI AD PDF 
Ditulis oleh penhumas   
Selasa, 31 Oktober 2017 10:41

LATGANDA PASIS DIKTUKPA GELOMBANG II TNI AD

Pasis Diktukpa Gelombang II TNI AD TA 2017 melaksanakan latihan berganda di daerah Sindulang Cimanggung Sumedang dan Tanjung Wangi Cicalengka yang dilaksanakan selama 5 hari mulai tanggal 27 oktober s/d 31 oktober 2017 dan diikuti sejumlah 380 orang, dibuka oleh Komandan Secapaad Brigjen TNI Eka Wiharsa di lapangan Wiradhika Secapaad.

Latihan Berganda tahun ini, pertama kalinya akan dilaksanakan di Sindulang Cimanggung Sumedang dan Tanjung Wangi Cicalengka Bandung.

Dalam upacara pembukaan latihan berganda ini, Komandan Secapaad menyampaikan bahwa latihan berganda merupakan puncak latihan dari materi pelajaran taktik dan teknik yang telah diberikan selama pendidikan dengan bentuk latihan bertempur satuan setingkat peleton. Tujuannya agar Pasis mempunyai gambaran realistis aplikasi khususnya taktik dan teknik lawan Insurjen tingkat peleton.

Kepada para pelatih dan pembina agara menciptakan realisme latihan melalui inovasi penimbulan situasi sesuai situasi taktis yang realistis, mengarahkan Pasis agar kegiatan latihan dapat berjalan secara baik dan benar dengan tetap memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan.

Latihan berganda ditutup oleh Wakil Komandan Secapaad Kol Inf Heri Sapari Selasa, 31 oktober 2017 bertempat dilapangan BBKSDA Komplek. Dalam amanatnya Komandan Secapaad yang dibacakan oleh Wakil Komandan Secapaad, mengucapkan terima kasih kepada Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA), unsur Muspika Kabupaten Sumedang dan Cicalengka, Bapak Darmanto selaku Ketua Wanadri, Kades Sindulang Cimanggung Sumedang dan Kades Tanjung Wangi Cicalengka serta masyarakat sekitar atas kerjasama dan bantuannya.(penhumassecapaad)

 

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
secapaad.mil.id, Powered by Infolahta